SALAM LEMPER !! TESTIMONI OSC METROTV MEDCOM 2015 - To Survive, You Must Tell Stories ~

TESTIMONI OSC METROTV MEDCOM 2015








Hallo Selamat malam para calon juara OSC! Apa kabar kalian? Baik-baik saja kan?
Selamat datang di gubug blog yang berantakan ini. Mumpung sempat ngetik malem-malem nih,ada request dari adik kita yang minta cerita tentang OSC metrotv 2015 kemarin. Sekalian ngisi blog yang udah banyak sarang laba-labanya karna dah lama vacuum. Pake bahasa anak muda aja yak,biar lebih santai. 

Kenalin saya Steven panjangnya Steven Sen. Biasa dipanggil guru : Steven,Stiv dipanggil temen : Step,Pen,Sen and dipanggil nci gua : Tep -___- serahh deh .
 Lahir di Tangerang,tahun 1997 (tanggal cari tau aja yak klo mau ksih kado hehe). Saya berasal dari daerah kampung Gajah, Lampung nih,SMA Fransiskus Bandar Lampung angkatan 15. Hobi Badminton,Basket, anak moba ML.  Single sampai Tuhan berkehendak. Berhasil lolos OSC 2015 dan masuk ke jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Industri Universitas Trisakti. Dah yak,itu dulu ntar bosen bacanya wkwk

OSC 2015 yah. Yak benar,itu program beasiswa dari televisi swasta Metrotv yang terkenal dengan program berita-beritanya yang mana mereka udah rencanain dari 2 tahun sebelumnya. Jadi ceritanya ni gua dkk 2015 termasuk angkatan pertama nih dari beasiswa OSC. OSC itu baru terlaksanakan dan uji coba ditahun 2015 guys. Tapi tanpa mengesampingkan uji coba, tetep berjalan serius kok,persiapan tempat,acara,konsumsi,dll bener-bener mateng pokoknya.
Sebenernya ni program beasiswa full pertama setau saya dari pihak stasiun tv yang menginginkan gebrakan didunia pendidikan Indonesia mengingat jumlah pendidikan Sarjana di negri kita masih rendah. Program luar biasa yang dananya tidak sedikit,dan sama sekali gak ada ikatan apapun keMetrotv nya lho,yakin dah. Jadi bener-bener sukarela gitu Metronya, jadi fasilitator. Mantap abiss! nih buat adik harus cobaaa,dan jangan kehilangan kesempatan emas ini !!
Okelah gua curhat dulu ya,

Gw dapet info pertama tentang OSC ni dari iklan di metro nya nih. Jadi emang lagi nyari-nyari beasiswa ke beberapa univ swasta,eh dapet kabar dari bapake, katanya ada nih bea full metro,mau gak?
Ah yang bener tuh full ? kira-kira begitu yang ada diotak gw. Soalnya selama nyari-nyari beasiswa, biasanya mah embel-embelnya “full” ,tapi cuma pangkal doing atau uang pembangunan doang. Kalau ada full pun, itu buat para master yang olim ditingkat nasional dan internasional .__.
Akhirnya cari tau dong info-info OSC ni browsing di andro biar gak penasaran. Buka osc.metrotvnews.com (sekarang sudah berubah menjadi osc.medcom.id) eh udah disambut tuh pake animasi sama gambar yang menarik. Baca-baca terus akhirnya gua simpulin,ni harus gua kejer nih,beneran free full bahkan 4 tahun ,no pangkal ! bayangin bisa ringanan biaya dari ortu yang udah gak muda. Kalo gak sekarang kapan lagi? Udah tu langsung daftar dah , dan ni prosesnya unik nih,beasiswa tapi seleksinya online . Bayangin dah, jadi apa gak diberi kemudahan banget (tapi ngerjainnya jan curang yaa,kerjain sendiri trust yourself ability J ). Dari mana aja bisa,asal jaringan internet ada. Ni maksudnya supaya semua siswa dari daerah-daerah manapun bisa ikutan tanpa harus ke lokasi.
             
   Oh ya selain web,gw juga rutin cek twitternya. Soalnya info-info penting akan diberitahukan disitu sama adminnya. Bisa Tanya jawab jugaa tuh,tapi sabar ya soalnya yang nanya kan gk cuma kamu .. iya kamuuu :* . heheee ,

lanjutttt…  udah tu pertama-tama mah banyak nanya entah tentang daftarnya, waktunya, soalnya,dll banyak lah apalgi gua posisinya angkatan pertama ni, jadi gak bisa tanya-tanya sma kakak kelas karna gk pnya kakak klas T.T . Tapi percaya aja guys, semua akan diinfokan sesuai waktunya sama sang admin yang siap sedia. Siapin aja modem+kartu internet yang kenceng atau WIFI. 





TAHAP PERTAMA : TES ONLINE
               
Hari H datangg. Untung udah belajr malemnya pake SKS,system kebut semalam (jangan ditiru yaa). Udah tu siap-siap depan kompi PC gua. Tes online bakalan dilaksanakan serempak ya seIndo,jadi kayak UN sistemnya. Ntar dikasih waktu 2 jam kalo gak salah dan soalnya tu bakal sama untuk 1 univ. Kebagian fisika,bio,kimia,mtk,bing,bindo,ada eknomi juga dikit (ni bingung ni kenapa ada eko??) masing2 ntar ada 10-15 soal begitu dan bentuknya Pilihan ganda jadi isi-isi aja. Untuk rule benar salah, ntar dikasih info. Nih saya kasih tau ketentuannya ya waktu OSC kemarin:
-          Soal berbentuk multiple choice atau pilihan ganda
-          Terbagi dalam beberapa mata pelajaran (sesuai jurusan)
-          Tiap pelajaran ada 10-15 soal
-          Waktu sekitar 2 jam,longgar kok
-          Soal tipenya seperti UN bukan SBMPTN,gak susah2. Jadi bisa sekalian nyicil buat UN kalian
Nah masalah yang ditemukan pas tes online kemarin adalah down server ujiannya. Karena 1 server dimasukkin 5000an ribuan orang, jadi  gimana gak downnn. Jadi ada yang panik,kok page nya eror,gak bisa buka webnya,kok macet, dll bgtu. Dan syukurnya gw aman-aman dan lancer jaya :D . tapi tenang aja,yang gangguan dikasih waktu tambahan ngerjain kok. Tuh akhirnya saya focus aja sambil orat-oret ngitung,pokoknya da yang ganggu langsung emosi dah(kayak wanita lagi PMS ceritanya). Oh ya jan lupa DOA ya sebelum mengerjakan. Penting lho,mohon bimbingan,pencerahan,kelancaran biar ntar setidaknya ngerjain soalnya maksimal. SIngkat cerita selesai dah tu tes. Nanti page soal ketutup otomatis ,jadi setelah itu udah gk bisa masuk lagi. Jadi tinggal nunggu pengumuman. Gak lama paling seminggu dah diumumin. Jadi cepet prosesnya enaknya disitu ya jadi gak digantungin kelamaan.

TAHAP DUA : SELEKSI BERKAS

Dapet email dari OSC nya,saya kaget dan seneng juga bisa lolos. Padahal pesimis itu awalnya karena online banyak saingan. Tahap dua itu seleksi berkas guys. Jadi kita bakalan ngescan data-data seperti KK(kartu keluarga),ktp/kartu pelajar,akte kelahiran, rapot,piagam-piagam2,dan yang mesti dibuat :
-          SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) buat dipolsek
-          Surat sehat dari RS atau dokter
-          Surat bebas buta warna
Udah tuh ntar diperiksa dan seleksi sama pihak univ dan metrotv nya. Kalau memang memenuhi dan dianggap unggul, kamu bisa dapet email dan dinyatakan lolos di websitenya ke tahap terakhir yaitu Tes Offline. Dari akhirnya akan dipilih 150 orang(tiap tahun kuota bertambah).

LAST CHALLENGE : TES OFFLINE

Ini nih, tahap final dimana lu bakal ngerasain sensasi campur aduk,ketemu temen-temen pilihan yang lolos juga,deg-degan menghadapi tes apa yang bakal diberikan. Untuk tahun 2015 dan 2016 diadain di Kuningan City dan tahun ini juga bakalan diadain disitu. Ada 150 peserta yang lolos. Gw pagi-pagi udah berangkat tuh jam 5 dari Cengkareng naik gojek pertama kali,tanpa tau jalan sama sekali ._. jadi pasrah sama abang ojek mau dibawa kemana yang penting dah bilang Kuningan. Akhirnya sampe juga digedungnya, nanya-nanya satpam, terus naik lift ke tempat Ballroomnya. Disitu udah mulai rame, padahal masih pagi jam 6an. Dah tuh,udah keliatan logo OSC dan Metrotv jadi yakin ni bener disini acaranya, secara saya sendirian dan belom tau tempat. Nunggu-nunggu akhirnya disuruh masuk semua jam set 8 kalo gak salah, ke ruang ujian.  Masing-masing univ dibagi tuh bilik ruangannya.

Masing-masing universitas bakalan beda guys tipe dan macam soalnya. Itu diambil,sesuai dari Ujian Masuk masing-masing Universitas. Kalau Trisakti 2015, dia pake tes tertulis aja, nanti bakalan dikasih soal sesuai jurusan yang kalian ambil di Universitas Trisakti. Jadi masing-masing jurusan beda. Dan tahun 2016 itu tes wawancara. So, bisa beda tiap tahun tipenya.
                Grogi juga ngerjain, karena takut gak lolos dan soalnya rada susah. Tapi tetep optimis dan berusaha maksimal dah pokoknya. Pikirannya tuh,walaupun gak lolos,setidaknya lu udah ngalahin 5600 peserta dari tes online gitu. Jadi suatu kebanggaan udah bisa masuk tahap offline.
                Singkat cerita ujian selesai dan peserta dipersilahkan istirahat dan menunggu sampai pukul 7 diumumkan. Udah tuh pada berpencar ada yang ke mall nya ,ada yang pulang dulu. Tuh saya nunggu di Mallnya sambal makan. Udah mau deket balik lagi ke Ballroom.

PENUTUPAN DAN PENGUMUMAN
                Tepat pukul 7 acara penutupan dan pengumuman tuh dimulai. Ada penampilan band sebagai pembuka acara. Disitu gua udah gak focus dah dengerin lagu,karena dag-dig-dug ni jantung nunggu hasil tes tadiiii …. Hadehh…… udah tu selesai band turun, naik MC acara yaitu kak Stephanie Silitonga ( kalo sering nonton berita metrotv pasti tau). Dia memberikan sambutan dan selamat kepada peserta karena udah bisa sampe tahap ini. Terus ada games gitu singkat. Akhirnya detik-detik pengumuman ni mulaiiii

Jantung dah makin berdetak 20Mhz tuh saking kencengnya. Pertama itu Mercu Buana kalo gak salah. Dipanggil tuh kedepan 10 orang terpilih yang berhasil congratz dapet beasiswa full ini. Gua nunggu aja sampe Trisakti disebutin. Satu persatu univ disebut UPH,AL-Azhar,UMN. Akhirnya Trisakti terakhiran tuh, udah bikin kesel campur khawatir sih kalo gak loloss. Dipanggil nama pertama. Bukan saya. Kedua bukan saya. Udah tuh mulai lemes, kok gak dipanggil-panggil yah?
Sampe akhirnya urutan ke 8 nama Steven Sen disebutttt. Sekejap kayak dapet energi 1000 volt langsung berdiri sambal ngepal tangan syukur banget akhirnya disebutinn. Gemeter lemes juga pas naik kepanggung cuy.  Diucapin selamat sama Bu Ariani,Humas Trisakti yang ramah dan baik. Seneng banget dah itu senyumnya paling bangga tuh naik dipanggung itu. Kita dikasih sertif sama ucapan selamat dari Wakil Direksi Metrotvnya. Sesi foto bareng. Trus udah turun panggung.

Udah gak bisa mikir dah,seneng dan lega abiss. Perjuangan emang gak membohongi hasil. Udah bolak balik ke Jakarta akhirnya gak sia-sia. Pulang membawa sertifikat dan suatu kebanggaan buat diri sendiri dan orangtua.
Selama udah dapet sertifikat itu, kalian gak usah khawatir karena udah diresmikan diterima diuniv itu dan bakalan diproses. Kalo pengalaman di Trisakti sih, kalian harus banyak ngikutin info proses pendaftaran regular karena bakalan ngikutin jalur itu ngurus administrasinya lagi. Cepet-cepet kontak pihak kampus buat info lebih lanjut.

Dah kayaknya itu aja cerita gua selama ngikutin OSC 2015 dari awal sampe akhir bisa masuk kuliah. Dan emang free full asal IPK min. 3 dan gak telat dari 4 tahun.
Pokoknya pesan dari saya buat adik-adik yang bakalan daftar, punya niat optimis dari awal focus sama proses dan tes nya dari awal. Doa dan belajar perlu berjalan beriringan.

Jangan lupa ikutin terus info-info dari Twitter @osc_medcom, IG osc_medcom, serta website osc.medcom.id . Karena bakalan ada update’an terbaru dan aturan2nya disitu.

For intensif contact bisa lewat IG: @steven_sen, bakal fast response disini soalnya!!

INFORMASI TAMBAHAN : untuk tahun-tahun berikutnya belum tentu tipe dan mata pelajaran soalnya sama, baik online maupun offline. Jadi ikutin terus info yang diberikan admin OSC yaah


Optimis,berdoa,dan niat penuh belajar,pasti bakalan bawa kamu nyusul kami para peraih OSC 2015.
G’LUCK untuk OSC tahun-tahun berikutnya !!!!!!!!!!!!!!

TANYA JAWAB SUKSES OSC !! Buka link video ini:














TESTIMONI OSC METROTV MEDCOM 2015 TESTIMONI OSC METROTV MEDCOM  2015 Reviewed by Steven sen on 10:21 am Rating: 5

5 comments:

  1. Kakak pilih jurusannya apa aja ya?

    ReplyDelete
  2. wah hebat .... sekarang kan sudah masuk Trisakti ya, lalu biaya semesterannya juga dicover ya? syarat agar tetap dicover tiap semesternya apa saja ya? tq

    ReplyDelete
  3. Kak mau nanya.gimana ya caramya biar lolos ke tes offline? Kan ada seleksi berkasdisitu ada kolom alasan masuk univ dan fakultas ini,itu gimana cara ngisi nya ya kak biar bagus gitu.harap saran kak

    ReplyDelete
  4. ka, boleh tau tipe soal pada saat final test itu seperti apa?
    kebetulan saya lolos sampai tahap final test osc 2016 dan mengambil teknik informatika trisakti juga.
    terimakasih

    ReplyDelete
  5. Maaf untuk komentar-komentar yang tidak sempat terbalaskan :( karena saya sibuk dengan adaptasi dunia perkuliahan dan tugas-tugasnya.

    Yang ingin kontak saya, bisa dengan line di @stevensen007, ig : @steven_sen, WA : 082175408536 . Terima kasih

    ReplyDelete

Steven. Powered by Blogger.