SALAM LEMPER !! What do I think of my brother? DEVI - To Survive, You Must Tell Stories ~

What do I think of my brother? DEVI

Haii para pembaca yang berbahagia ! Selamat datang di blog ane yang baru diupdate lagi nih.
Kali ini akan ditampilkan posting request dari bintang tamu dan bukan ane yang buat kali  ni. Udah sejak lama sih mau upload,tapi baru2 ini dia sempat kirim. Oke langsung aja kita simak tulisan sang bintang tamu ini ~~~


What do I think of my brother?


-Written by Steven’s big sister- 



Sebagian orang berpikiran bahwa punya saudara laki-laki berarti kita punya teman yang selalu ready kapanpun kita butuh. Contohnya, kita akan selalu punya orang buat dicurhatin waktu kita putus sama pacar, atau waktu ada cowok yang deketin kita, atau waktu kita sekedar butuh temen ngobrol. Kita punya orang yang akan belain kita, akan mengoreksi tindakan-tindakan bodoh yang kita lakukan. Kita punya orang yang nganterin, nemenin, dan beliin kita apapun yang kita mau. Singkatnya kita punya orang serbabisa yang membuat kita punya segudang keuntungan, mulai dari a shoulder to cry on sampai orang yang bisa dimintain antri tiket bioskop.
Saya setuju dengan sebagian besar pendapat di atas. Kenapa Cuma sebagian besar? Karena saya ga yakin adik saya mau disuruh ngantri tiket bioskop. Boro-boro ngantriin tiket, saya suruh main ke jogja pas liburan aja ogah banget.
Soooo, untuk menjawab tantangan dari adik saya untuk nulis sesuatu di blognya, saya persembahkan tulisan ini dengan rendah hati: WHAT DO I THINK OF MY BROTHER? 


Sebagai satu-satunya saudara kandung yang saya punya, adik saya adalah orang yang saaaaaangat berharga buat saya. Sebelumnya, saya tidak pernah menyadari hal ini sampai beberapa minggu yang lalu saya mimpi adik saya passed away dan itu membuat saya terpuruk. Sebelumnya, yang saya anggap berharga dalam hidup ini cuma orangtua. Ya nggak salah sih, tapi saya melupakan berharganya seorang adik dalam hidup saya. Saya nggak bisa ngebayangin hidup tanpa adik saya. Terlalu mengerikan untuk dibayangkan.
Saya dan adik saya sekarang sama-sama kos di dua provinsi yang berbeda. Saya di jogja, adik saya di jakarta. Kami berdua terbilang dekat, bahkan sangat dekat. Kenapa saya bilang begitu? Karena saya dan adik saya terbiasa cerita satu sama lain tentang apa saja. Kami bisa tau dengan mudah apa yang sedang ada di pikiran masing-masing tanpa saling ngomong. Dan yang lebih penting, bukti kedekatan kami adalah seringnya kami berantem! 



Menurut saya, saudara yang dekat cenderung sering berantem. Untuk saya dan adik saya, alasan paling remeh aja bisa buat kita berantem karena pada dasarnya kami berdua keras kepala dan gamau ngalah hehehe. Sewaktu kecil, nggak usah ditanya seberapa sering kami berantem. Alasan paling umum: dia ngacak-ngacak atau nyembunyiin alat masak-masakan saya. Atau berebutan paha ayam goreng. Waktu agak besar dikit, alasannya berubah jadi sedikit lebih elit: berebutan modem internet atau sirik-sirikan kalo ada yang punya HP baru. Tapi kita nggak pernah berantem pake fisik, karena itu bakal ga adil banget buat saya hahaha. Pernah sih dia nabok pipi saya pelan, gara-gara
kita berdua berantemnya udah parah banget. Itu pelan banget dia naboknya, tapi saya
tetep nangis karena ga nyangka dia bisa begitu. Sakiiiiit banget rasanya hati. Seriously. Tapi saya tau dia juga nyesel banget, terbukti dari beberapa hari setelahnya dia berusaha ngajak ngobrol berkali-kali meskipun saya cuekin terus hehehe. Itu momen berantem paling besar dalam hidup kita berdua, dan kita banyak belajar dari momen itu. Belajar untuk nggak menuruti amarah, belajar minta maaf satu sama lain, belajar untuk nggak mengulangi kesalahan, belajar nggak bikin orang lain marah, dan belajar mengasihi lebih lagi.
Waktu masih kecil, adik saya kenyang dimarahin dan dihukum sama papa karena bandel. Pernah juga kena marah gara-gara saya hehe. Dikurung pernah, kena pukul juga pernah. Saya yakin itu pasti membekas sampai dia besar. Sejujurnya, waktu inget kejadian-kejadian di masa lalu, gimana nangisnya dia manggil-manggil saya, itu sangat menyakitkan buat saya. Itu juga yang saya sangat sesali sampai sekarang. Maaf ya tepp

Menginjak usia sekolah, saya sering dengar kabar bahwa cewek A suka sama adik saya, begitu juga cewek B, C, dan D. Maklum, saya dan adik saya selalu satu sekolah dari TK sampai SMA. Katanya orang-orang sih, adik saya punya tampang yang lumayan. Itu kata orang loh ya. Gak jarang dia dideketin duluan sama cewek-cewek. Dan beberapa teman seangkatan saya –dua tahun di atasnya- sering titip salam buat adik saya. Singkatnya, adik saya cukup well-known semasa sekolah dulu.
Di mata saya, adik saya tentu saja punya segudang kekurangan. Banyak ragu, kadang suka gak PD, dan selalu mau sesuatu dengan kualitas paling TOP. Yang terakhir nggak selalu salah sih, tapi kadang dia suka nggak merhatiin kondisi sekitar kalo lagi bener-bener pengen sesuatu. Semoga cepet diubah ya, tep. Sering-sering telpon ke rumah dong, kasian ortu sendirian di rumah. Kurang-kurangin panggil gua pake nama ya. Sama main gamenya kurang-kurangin ya. Sama kalo bisa beliin gua kado ultah ya. Hehehe.
Waktu kecil dulu, saya inget adik saya selalu ngikutin apa saja yang saya lakukan. Dia banyak nanya ini-itu, mungkin karena dia anggap saya orang yang tau segalanya karena saya lebih tua dua tahun. Dia juga banyak cerita tentang apa saja yang dia temukan di sekelilingnya, orang-orang baru yang berinteraksi sama dia, dan lain-lain. Waktu udah tumbuh makin dewasa, gantian saya yang banyak nanya ke dia. Dia mulai punya ketertarikan dengan segala yang berbau teknologi, internet, web, komputer, smartphone. Dia yang selalu benerin laptop atau HP saya waktu rusak. Dia mulai punya banyak kelebihan di bandingkan saya. Punya lebih banyak pengetahuan yang tidak saya kuasai. Itu semua baru saya sadari di tahun 2016 ini. 


Tahun 2016, adik saya jadi salah satu pemenang beasiswa Metrotv, mengalahkan ribuan pesaing dari Sabang sampai Merauke. Waktu pertama kali dengar berita itu, saya benar-
benar melongo. Saya berkali-kali tanya untuk memastikan dia nggak salah info. Sampai akhirnya dia ngirim foto sertifikat penerimaan, foto bersama para pemenang beasiswa
dan pihak Metrotv, baru saya percaya. Dan saya senang sekali ! Sepengetahuan saya, adik saya nggak begitu kuat dalam hal akademik di sekolah. Dia nggak lolos SBMPTN dan ujian mandiri UGM tahun lalu. Bahkan waktu ngerjain soal seleksi beasiswa Metrotv pun dia bilang banyak salahnya. Saya ingat kita sampai habisin waktu lama di Whatsapp bicarain soal-soalnya yang udah dikerjain. Makanya surprise-nya dobel dobel waktu saya tau dia lolos. Waktu itu, saya mengakui dari hati terdalam bahwa adik saya memang membanggakan. Dia bukan jenius, tapi dia pekerja keras dan nggak mudah putus asa. Walau harus bolak balik jakarta-lampung, cari tempat tinggal sementara, nekat ke sana sini naik gojek, dia nggak menyerah demi pendidikan yang lebih baik.
Soal pacar, adik saya beberapa kali menjalin hubungan. Tentu saja dia cerita tentang semua pacarnya. Beberapa kali kita beda pendapat; misalnya waktu saya kurang setuju waktu dia mau deketin si A. Tapi kadang dia ga mau dengar sampai saya akhirnya bosen nasehatin -_- Biasanya saya kepoin cewek-cewek yang lagi dekat sama dia (hal yang sama yang dia juga lakukan ke cowok yang lagi dekat sama saya). Jadi, buat kamu-kamu yang lagi dekat sama adik saya, pastikan akun mu nggak di lock ya *evilsmirk* Tipe pacar idaman adik saya: kalem (alias nggak petakilan atau heboh), imut, rambutnya panjang. 

Bukannya saya mencoba untuk mengendalikan hidup adik saya,tapi entah kenapa kalau urusan pacaran, saya cenderung lebih protektif. Saya bisa ikut sebel kalau sampai ada yang bikin adik saya sakit hati. Untuk saat ini, berita terbaru yang saya dapat dari adik saya adalah: dia lagi nggak tertarik menjalin hubungan dengan siapapun. Yaaa saya setuju aja dengan keputusannya, mengingat kalau IP nya di bawah 3, beasiswanya dicabut. Tenang ajaaaa tep, kalau waktu dan calonnya sudah tepat, gua akan jadi orang nomor satu yang dukung hubungan lu!
Satu hal lagi yang saya suka dari adik saya. Kadang, waktu ada orang yang minta tolong ke dia, dia suka bilang “ga mau” atau “lagi sibuk”, tapiiiiii ternyata dia kerjain juga. Waktu saya minta di download-in drama korea, kata-kata yang biasanya dia bilang: “males, episodenya banyak” atau bilang “lagi main game.” Tapi beberapa jam kemudian pas saya nyalain laptop, eh udah ada drama yang saya minta, lengkap dengan subtitlenya. Gitu juga waktu saya pengen nonton bareng dia. Awalnya dia Cuma mandang saya dengan tatapan annoying, seolah bilang “kayak di jogja kurang hiburan”, tapi akhirnya dia juga yang nentuin jadwal nonton Suicide Squad waktu itu. 

 













Sekarang adik saya lagi menikmati masa-masa kuliah semester awal di Trisakti. Tinggal di Jakarta bikin saya agak khawatir juga sama dia. Banyaaaakk hal yang saya takutkan terjadi sama dia. Rokok, narkoba, pergaulan, kriminalitas, perpeloncoan. Saya takut dia
lengah dalam menjaga diri. Tapi saya harap enggak terjadi apa-apa. Seenggaknya dia udah belajar ngekos sejak SMA pas masih di Lampung.
Yah. Jadi itu aja yang sanggup saya ceritain tentang adik saya. Ini juga udah kepanjangan. Mohon dimaklumi kalau banyak kurang disana-sini. Akhirnya, untuk adik saya: tolong jangan masukin foto-foto gua yang aneh ya.
Thank you! 

 

What do I think of my brother? DEVI What do I think of my brother?  DEVI Reviewed by Steven sen on 9:01 pm Rating: 5

No comments:

Steven. Powered by Blogger.