SALAM LEMPER !! Pengalaman Tawakal Cyber di MonsoonSIM 2017 - To Survive, You Must Tell Stories ~

Pengalaman Tawakal Cyber di MonsoonSIM 2017

Apa itu MonsoonSIM?






Jadi kali ini gw akan ngebahas salah satu momen lomba paling seru di dunia kuliah, yaitu ERM MonsoonSIM Competition. ERM ( Enterprise Resource Management) atau yang lebih dikenal dengan sebutan monsoonsim ini menurut website resminya adalah sebuah platform pelatihan bisnis yang hebat. MonsoonSIM mencakup dua belas (12) konsep bisnis yang semuanya terbungkus dalam satu permainan langkah sederhana yang langkah-demi-langkah mengembangkan permainan bisnis 4 sampai 8 jam. Permainan ini mudah dimengerti dan sesuai untuk semua level staf. Dari eksekutif sampai fresh graduate, Anda akan bersaing dengan tim lain untuk menjalankan perusahaan virtual Anda.
Website resmi Monsoonnya nih : http://www.monsoonacademy.com/


Nah biar gak ribet, menurut gw monsoonsim itu lebih kayak game simulasi gitu dimana kita mengelola perusahaan dengan segala aspek modul yang saling berhubungan. Jadi mata kita kebuka gitu tentang apa aja bagian-baigan vital di perusahaan itu kayak marketingnya, produksi, HR, dll. Disini kita harus bener-bener kerjasama dengan anggota tim kita. Oh ya 1 tim terdiri dari 5 orang guyss. Tampilan modulnya kurang lebih begini, versi 5.1 ya




Engga tau kenapa tapi dari awal pembuatannya produknya selalu apple jus, orange jus, dan melon jus. Internasional juga begitu jualan jus semua, mungkin foundernya doyan jus :)))
Kalau lokasi retail toko dan warehouse bisa berubah-ubah.


Bisa dilihat diatas terdapat 12 modul dari finance sampai service. Masing-masing punya fungsi tersendiri. Strategi tim juga musti di pikirkan, untuk menghandle masing-masing modul.
Awal-awal sih emang kayak gak niat, game apaan sih, kok tulisan doang, mana angka semua gak ngerti apaaaan iniiii ribetttt, mending main CS zombiee.
Latihan perdana


Seiring berjalannya waktu, latihan latihan, eh kok hati jadi tertarik. Jadi mulai nyaman dan mulai nemuin titik seru nyaa. Ternyata kalo udah ngerti, gampang kok mainnya.. ciyus!. Malah jadi pengen main tiap hari, tapi sayangnya game ini ‘premium’ jadi ada kuota mainnya dan bayar menn ternyata univ kita.


Singkat cerita kita termotivasi banget ni, waktu itu katanya bakal final monsoon 2017 ke Bangkok, Thailand !! asik bet kan, jalan2 gratis, dapet duit, wakilin Indo, bisa liat ikan louhan ori Thai (gw louhaner), bisa update snapgram men disono wkwkwk bayang2nyaaaa belum terealisasi si,tapi ingat semua berawal dari mimpi bro!


Jadi mulai lah tu, latihan-latihan. Awalnya belum terbentuk nih tim Tawakal Cyber, tadinya ada tim Parahiyangan sama tim Reformasi. Trus berhubung anggota kita bolong2 latihannya, dan waktu lomba dah deket, jadi kita fusion deh jadi Tawakal Cyber, ada Dimas, Ican, Sofwan, Iqbal dan gw ndiri B). Harusnya anak Ekonomi ikut nih, cuma seperti kurang peminat, jadi hanya 2 tim Infor yang rutin latihan.




LATIHAN SERIUS MODE



H-3 minggu tu, mulai getol latihan2 sampe bela2in online karena masih pada dikampung liburan. Awal2 sama Rafflesia ‘15, trus gw request ke bang Andre Jatmiko Monsoon Indonesia buat latihan bareng univ lain. Dapet respon positip ye kan, baru tu mulai sparing event dulu pertama ma UMY gw inget banget, 1 tim Trisakti 3 tim UMY karena Rafflesia gak bisa. Hasilnya ni






Nah jadi hasilnya begitu tu, pertama sparing. Kita masih culuns banget waktu itu, belom ngerti strategi, baca situasi, move stock, iklan dll gitu. Jadi maklum lah kita kalah sam Avengers, dari semenjak itu intropeksi diri dan jadi motivasi ngalahin avengers.


Sparing kita ada beberapa kali, sama UI, UBL, Prasmul, UMY juga. Univ2 lain sprtinya belum mmbuka diri untuk latihan bareng.
Dan antara lain hasilnya begini :
Trisakti vs UI vs Prasmul


Trisakti vs UBL vs Prasmul






Trisakti vs UI vs Prasmul


Dari beberapa kali kita dapet pelajaran banget, jadi bener2 mulai ngerti kunci2 strategi baru kita ni. Walau beberapa kali kita drastis kalah jauh terutama dari UBL dan Prasmul yang memang sudah berpengalaman sekali, setidaknya belakangan kita sudah sangat membenahi strategi dan termotivasi siap untuk Go to Final MonsoonSIM Indonesia 2017 :)
Latihan intensif h-7 terus dilakukan, pagi2 selalu ke basecamp, thanks alot buat ketu kita Dimas Adi Pratama b2b man kita, yang sudah semangat dari Tangerang tiap pagi ke Tawakal Basecamp :D




ERM MonsoonSIM COmpetition Indonesian Final 2017 digelar.






Tanggal 24 Agustus 2017 final region Indonesia digelar. Kita prepare bareng dari kampus caw ke Podomoro University jam 8. Sampe sane, regist trus ke ruangan tunggunya, ngeteh ngopi dulu sambil ngeliat struktrur modul penilaian. Jam 9an mulai dah tu pembukaan dan penjelasan tentang kaidah-kaidah lombanya.


Our team, Tawakal Cyber
TM MonsoonSIM pra-Lomba : https://www.youtube.com/watch?v=rcRuAuQKWOY

MERPC 2017 Indonesian Final diikuti oleh:

  1. Podomoro University
  2. Universitas Indonesia
  3. Universitas Pasundan
  4. Universitas Internasional Semen Indonesia
  5. Politeknik APP Jakarta
  6. Universitas Prasetiya Mulya
  7. Universitas Budi Luhur
  8. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  9. STIMIK ESQ
  10. Universitas Galuh
  11. Universitas Trisakti
  12. Universitas Islam Indonesia

*2 team pemenang akan mengikuti ASEAN Final di Kasetsart University Thailand mewakili Indonesia.

Ternyata dari 12 univ dan 22 tim yang ikut, dibagi 2 grup. Grup A main duluan si Rafflesia, kita main jam 1 grup B. Ahh padahal dah semangat main pagi tuh, tapi gpapa pasti ada hikmahnya.
Nunggu2 akhirnya sampe lah jam 1, and we are go to fighting!
Sebelum main kita awali dengan doa dan sedikit brifing motivasi biar fokus dan tenang selama lomba.


Babak penyisihan ini cuma diambil 12 tim dari 22 total, harap2 cemas banget. Mengingat kita gak tau kemampuan lawan gimana, banyak univ kita gk prnah tnding bareng.
Nah apesnya laptop si Iqbal marketing ngestack mendadak, ada kali 20 hari men. Jadi keganggu tu kita, untung bisa juga akhirnya. Net profit kita sempet turun banget, dari 30 ke 29 ke 28 , ntah kenapa di day terakhir2 itu. Game stop and finish, udah deh kita berenti. Pikir2 sih, kita pasrah aja hasilnya gimana, agak pesimis karna profit turun, jadi gak masuk it’s oke la dah ikutan lomba dah seneng tapi yaaa maunyaa masukkk.
PEngumuman cepet men, langsung keruangan sebelah. Kita lagi ke wc bentar, dah denger suara univ lain triak2 seneng, denger ada juara 5 juara 4. Kita gece dong ke sana, sambil dagdigdugg. Dimas ma sofwan masuk, trus panitia nulis dipapan nama 6 bsar tim yang lolos final. Kagetnya Tawakal Cyber ada ditulis ke 4 mennnn!!! Amazingg bisa lolos dari tim2 hebatt. GIlaaaaaaaaaaaaa


Happy bnget kita disituu, langsung buru2 prepare lagi karena final 15 menit lagi.
Kita analisis data, supaya gak miss lagi di final. Tapi ni final men, tim2 da best se-Indo monsoon nya. Kita si gak terlalu matokin juara 1 & 2 yang ke bangkok, tapi kita optimis aja kerja maksimal jangan terbawah deh. Inget banget Bang DidiKuan sebagai server, dateng ke kita ngmong : “Selangkah lagi ya ke Thailand”, kita bilang iya nih hehe, sambil dalem hati, kalo juara banggg.
Tenang, Harapan juara masih ada!


Dah kumpul semua tim final, dimulai deh final 120 days 35 detik. Awal2 kita masih berjalan mulus tu, cuma duit masih kurang. Udah pertengahan, b2b men kita ngeluh mulu deal nya direbut orang super cepat padahal kita dah pake 2 orang yang pantekin o_o. Emang tim2 super tu final. Abang sofwan juga terlihat muram di service sama HRnya ni. Kalo dari gudang ma retail si kita ngelawan men, asal marketing baguss. Akibat b2b lesu, kita jadi susah naikin net profit, dan ngandelin retail. Ditambah akhir2 tu ya, kita tim yang brisik pada nahan ketawa. Bayangin tim lain srius final men, kita malah ketawa2 sndri kaya udh jago njirr haha sok2an kliatannya pdhal kalah. Tau alasannya?  Kita dapet stimulan udara tuu dari satu anggota, jadi kita gak bsa fokus ngerjain wkkwkwkwk ngakak dah klo dibayangin


Akhirnya day menunjuk 120 dan stop. Disitu kita udah bersyukur aja sampe di final dan ya menunggu hasil aja sapa tau ada mujizat berkah gitu kan bisa ke Bangkok.
Diruangan pengumuman dah ditunggu kita ma Pak Anung Kajur, Pak Tedy dan Pak Udin. Berasa dihargai si salut ma pak dosennya.
Udah deh pengumuman tu, 2 tim teratas berhak melaju. Pas ditayangin, tim UBL udah teriak2 seneng aja tu, pertanda merka nih yang menang. YA bener, merka 2 tim yang melaju ke Bangkok wakilin Indonesia. Kita Tawakal Cyber peringkat 10 dari 12, not bad la sebagai itungan maba. Penyesalan ada,cuma gak besar la, perjuangan kita dah maksimal.




Video pengumuman : https://www.youtube.com/watch?v=M6tbdpvSqLw



Tapi ingat, perjuangan kami tahun ini boleh selesai, tapi next year 2018, kita bakal asah betul strategi kita karena itu bener2 target kita masuk 2 tim wakilin Indonesia yang belum tau kabarnya dimana tingkat Internasional digelar. Tawakal cyber will comeback bung! ;)



Ni sharing foto2 kita di Podomoro kemarin



Semoga tahun depan, fotonya udah diluar negeri sambil megang spanduk Winner yeee. Aminnnnn. See you, and thanks for reading my posting ^_^


Pengalaman Tawakal Cyber di MonsoonSIM 2017 Pengalaman Tawakal Cyber di MonsoonSIM 2017 Reviewed by Steven sen on 10:05 am Rating: 5

2 comments:

Steven. Powered by Blogger.